Monday, July 29, 2019

Our First Family Trip in 2019 - Pangandaran Part 1


Finally kembali nulis lagi.. Lebih tepatnya karena lagi gabut malem-malem wkwkwkwk. Mau nulis sesuatu tapi gak tau apaan trus inget kalo aku udah lama gak nulis soal kisah liburan. Berhubung cerita liburanku ke Pangandaran masih mengendap di draf lanjutin aja. XD

Day 1 (Jumat, 4 Januari 2019)

Kekalahan Liverpool alias LFC jadi pengantarku berangkat ke Pangandaran. Lah? Ya soalnya aku dan keluargaku naik kereta pukul 7 pagi, sebelumnya bigmatch LFC lawan si Manchester City. 

Singkat kata, waktu itu aku nonton match nyambi mandi dan siap-siap gitu. Kecewa banget gak dapet 3 poin tapi ya mau gimana lagi, takdirnya udah begitu. Jadilah aku berangkat ke stasiun sambil agak gelo. Yasudahlah, wong mau liburan kok cemberut. Just forget it, begitu kataku ke diri sendiri.

Kami sekeluarga nyari sarapan dulu sekitar pukul setengah 6 pagi. Sampai stasiun sekitar setengah tujuh. Naiknya KA Lodaya, kelas Ekonomi Premium. Jadi, di KA Lodaya yang baru, adanya memang cuma kelas Ekonomi Premiun dan Eksekutif. Niatnya memang nyobain kelas baru ini terus pulangnya kami memang ambil Eksekutif supaya bisa istirahat dengan lebih nyaman.

(Tips) Jadi, misalkan mau naik KA Lodaya kelas Ekonomi Premium, tipsnya begini. Jadi, itu kereta (bukan gerbong ya sebutannya - sekalian meluruskan) terdiri dari 20 row yang dibagi menjadi 2 bagian. Aduh susah juga ya gak ada foto. Kemarin gak sempet foto, soalnya gak kepikiran bakal nulis blog wkwkwkwk.

Intinya, 10 row menghadap ke timur, 10 row menghadap ke barat. Nah, row yang di tengah-tengah (10 dan 11) jatuhnya jadi berhadapan. Misalkan, kalian travelling ama keluarga beranggotakan 4 orang dan mau ngobrol hadap-hadapan, bisa pilih seat ini. Keluargaku udah aku tawarin sih tapi semua pada gak mau berkorban (?) duduk mundur, katanya pada pusing gitu hahahaha. Yasudah aku cariin yang duduk maju semua.

Misal mau pada duduk maju selama perjalanan dari Solo, pilih seat dengan nomer 11-20 ya. Begitu pula sebaliknya kalau dari arah Bandung, pilih seat 1-10.

How to get to Pangandaran?



Buat yang mau pakai kereta kayak aku, naik KA Lodaya dan turun Stasiun Banjar. Seterusnya, perjalanan bisa dilanjutin pakai mobil, kurang lebih 1,5 sampai 2 jam. Pastikan kamu udah nyari car rental ya biar gak pusing lagi pas udah sampai Banjar. 

Sampai di Banjar, kami langsung ke Pangandaran dan jalannya juga lumayan asyik sampai akhirnya ketemu yang berkelok-kelok. Buat yang gampang pusing atau mual tiap ketemu spesies jalan yang begini, brace yourself. Minum obat antimabuk or whatever comforts you lah. Okay?

Kami sampai di Pangandaran sekitar pukul 3 sore langsung check in di Horison Palma. Ini hotel letaknya di paling ujung Pantai Barat. Ya kalau soal hotel mah selera aja. aku juga gak berniat promo or apa. Silakan pilih hotel sesuai keinginan sendiri-sendiri. Hehe. Ada banyak banget di sana, dari yang gedung tingkat sampai homestay biasa.

Udah menyantap welcome snack and drink, kami langsung tepar di kamar. Aku gak sih. In fact, aku doang yang melek di saat om, tante, dan adik sepupuku terlelap. Di Horison Palma ada rooftop buat kita nikmatin sunset. Asyik tempatnya. Dua kali sore hari di sana aku naik terus ke rooftop hahaha. Isinya ada cafe dan spot foto. Ada glass floor juga. Maksimal 10 person tapi. Nah ini yang berani cuma aku sama omku doang. Tanteku berani tapi terpaksa wkwkwkwk, setelah itu gak mau lagi. Sepupuku gak berani blas. Dia agak alergi sama yang beginian. Di waterpark aja mainnya cuma di lazy river doang, padahal udah aku ajak naik ke atas n nyobain banyak wahana. Tapi masing-masing orang punya ketakutan masing-masing kan? :)

Rooftop hotelnya gaessss...syahduuu
Beautiful Pangandaran, ini no filter looooh. sampe terharu T_T

Setelah dari rooftop, malamnya kami hunting seafood. Ada sejumlah warung seafood di area Pantai Timur. Nah ini kerennya Pangandaran, tempat yang kita bisa nikmatin sunrise dan sunset sekaligus. Luar biasa. Okay kembali ke seafood. Jadi, modelnya timbangan ya dan segar kok don't worry. Nah setelah itu kami jalan kaki aja gitu, ada banyak toko jadi silakan hunting makanan atau baju-baju ada semua di sana.

Hari pertama emang fokus di area pantai aja sih. Besoknya baru eksplor. Jadi summary hari pertama ya enjoying sunset di rooftop sambil ngemil, nikmatin suasana laut yang masyaallah indah banget memang ciptaan Tuhan, trus makan malam seafood.

Day 2 (Sabtu 5 Februari 2019)



Hari kedua pagi hari setelah sarapan, kami sekeluarga langsung ke Pantai Barat, mau lihat kapal ilegal yang diledakkin Ibu Susi Pudjiastuti, karena bangkainya ada di situ dan menjadi daya tarik wisatawan. Naik deh ke kapal motor, terpaan angin segar langsung menghapiri, menyenangkan sekali. Namun sayang, kebahagiaan itu tidak berjalan lama, lantaran setelahnya aku agak mual. Precaution ya gengsss, buat yang gampang mabuk laut mending ga usah naik kapal, atau solusinya minum obat antimabuk duluan. Trust me. It was bad ketika kapalnya berhenti, apalagi kalua kita lihat air, tapi pas kapalnya jalan sih gak papa. Itu aja sih peringatan dari aku.

Setelah selesai lihat-lihat, balik ke hotel trus siap2 explore Pangandaran dan tujuan utamanya adalah Green Canyon alias Cukang Taneuh. Gak jauh2 amat sih dari hotel dan sampai di sana kami langsung memutuskan body rafting. Asyiiiik!

Apa sih body rafting? Ya kita mengarungi sungai pake tubuh kita gitu. Jadi gak pake boat yam kita pure jalan kaki. Bisa ngebayangin kan ya? Agak susah mengabadikan momen di sini karena medan tempur tidak memungkinkan untuk standby hape (maklum hape murah gak water resistant). haha. Mas guide nya emang nyaranin kalua mau mengabadikan foto biar dia aja gitu, dan bawa hape satu aja, itu pun dititipin ke dia yang bawa tas antiair. Bener-bener antiair.

Gak usah ngeyel mau bawa hape sendiri pake tas plastik (yang konon antiair) yang warna-warni dan murah meriah itu. It didn't work! Sekali lo nyemplung, udah tiada maaf lah kalau pakai tas antiair murahan. Kasih aja ke guide yang punya dry bag.

Nah, gimana cara kita body rafting-nya? Nanti ya di next post. Sebenernya aku udah nulis draf ini sejak lama tapi baru sempet dilanjut now alias di bulan Juni, lanjut Juli, ahaha. Oke see you on the next post!

TEASER:

Tau gak...pas sampe sini tu hawanya udah pengen terjun nyemplung aja, hampir lupa hrs dengerin instruksi akang guide ^^

Part 2 ->>> HERE

No comments: