Wednesday, May 17, 2023

Ke Bali Lagi untuk Keempat Kalinya... [Part 1: Departure, GWK, Melasti, Uluwatu, Jimbaran, etc]

Just another late post tentang momen-momen liburanku. The funny thing is, waktu pergi ama keluarga yang ke Nusakambangan aja belum aku post.. tapi ya sudahlah ya. This time, I will take you to Bali Nusa Penida!

Nusa Penida has been my dream for too long. Sejak beberapa tahun lalu entah kenapa aku pengen banget ke sana (terlepas dari kesulitanku beradaptasi dengan transportasi laut wkwkwk). I love anything about water, liat tempat-tempat macam Nusa Penida, Maladewa, dan sejenisnya itu bikin hatiku bahagia banget. Tapi masalahnya... aku payah banget saat harus berurusan dengan naik kapal haha. 

Jadi ceritanya, aku dan sahabatku memang sudah merencanakan liburan. Pada waktu itu, rencana awal kita ke Karimunjawa. Namun karena beberapa pertimbangan, akhirnya kami memutuskan ke Nusa Penida. Berhubung sohib saya gak bisa cuti lama-lama, jadinya kami pun memutuskan cuma ke Bali tiga hari aja.

Day 1 (Departure)

Sebelum ke airport jam 6 pagi, malemnya aku baru packing jam 11 malem (emang dasar mager aja), dan bawaanku ternyata gak banyak-banyak amat. Setidaknya, koper eike ga sebesar my bestie. Berhubung mau ke pulau dan sudah melihat medannya seperti apa, termasuk harus naik kapal dan menghadapi jalan bukit berbatu, aku pun harus prepare sebaik mungkin.

Terlepas dari baju ganti, alat mandi, dompet, hape, dll, aku memilih pake sandal gunung, sunscreen, topi, dan bahkan dekker untuk melawan panas yang kadang udah macem neraka bocor. Dry bag juga bawa dan beberapa baju dengan bahan adem.

Aku sampe di airport on time dan alhamdulillah flight-nya juga on time. Sampai di Bali udah agak siangan sih tapi it was okay for me. Dari Ngurah Rai, aku pun langsung cabut ke GWK. Lupa udah lama banget ke sana dan ternyata kurang lebih masih sama: PANAS! Aku pun mengeluarkan dekker-ku demi sedikit menyelamatkan kulit ini dari sengatan sinar matahari Pulau Dewata.

Nothing much sebenernya sih di GWK, praktis cuma drama naik turun tangga dan sightseeing sana-sini, sampai akhirnya memutuskan setop dan kembali ke parkiran by shuttle. Abis dari sana, mau bablas ke Uluwatu tanpa acara mampir ke pantai-pantai sepanjang perjalanan. Akan tetapi, emang dasarnya suka air yang biru-biru, aku pada akhirnya tergoda belok juga. Cuma ya kayak Pandawa gitu-gitu skip sih, langsung ke Melasti aja dan foto di sana bentar. Abis itu langsung bablas ke Uluwatu soalnya mau ngejar kecak juga.

Melasti Beach

Sampai di Uluwatu, aku dan sahabatku langsung menyusuri jalan menanjak ke ujuuuuuuuuuuung itu, sambil nger-ngeri sedap lihat para monyet yang berkeliaran. Semua barang-barang yang dipegang auto disembunyiin, terutama kamera, hape, dan kacamata. Kita pun jalan lumayan jauh. Kaki yang sudah mau putus abis dari GWK dipaksa jalan lagi. But it was worth it, karena dulu pas ke Uluwatu sama keluarga aku gak explore memang. Maklum ya kalau trip yang family friendly tu agak kurang menantang. Pas sama om, tante, dan adek sepupu itu aku langsung ke venue kecak soalnya. Sekarang merasakan bagaimana lempohnya kaki jalan kaki ke ujung tebing.

Nah di Uluwatu ini juga aku kena insiden ngeri tapi lucu juga. Kacamataku diambil monyet! Ceritanya pas balik turun aku tu lupa masukin kacamata. Sontak lah ada monyet langsung nyopet gueeeee. Trauma banget gila. Gimana kagak? Bayangin lu lagi jalan tau-tau diserang monyet yang dia lompat ke dada lu, naik ke muka trus ngambil kacamata. Sahabatku aja bilang dia takut aku kenapa-kenapa alias dicakar haha.

Waktu itu aku bingung juga tu soalnya kacamata minus kan. Misal itu cuma sunglass sih kagak ape-ape.. Masalahnya itu minus say.. gimana aku bisa lihat jalan?? Mana besoknya mau ke Penida. Masa iya kepepet beli kacamata minus dadakan di Bali? Tapi untungnya di Uluwatu ada pawang, jadi dia ngasih monyetnya makanan supaya si monyet mau ngebalikkin kacamataku. It worked, alhamdulillah.

Singkat kata, kami pun nonton kecak. Ini kali kedua aku nonton di Uluwatu tapi rasanya masih amazed gitu. Karya seni memang punya daya tarik dan magisnya tersendiri ya.

Setelah dari Uluwatu, hari mulai beranjak gelap dan kami balik menuju hotel di Sunset Road. Sebelumnya makan dulu di Jimbaran. Biasalah... seafood. Pas ini aku pun janjian sama mantan temen kantor yang memang orang Bali. Meski mepet banget tapi dia nungguin sampe aku sampe hotel. Sebentar sih ketemunya, tapi lumayan ngobrol-ngobrol dan curhat (?) nya. Makasih ya Alex ^^ Kapan-kapan kalau ke Bali lagi aku mampir ke rumah deh.

Malem itu langsung tepar di hotel dan lucunya aku menemukan hal absurd pas mau mandi. Jadi lagi cuci muka kan ceritanya... trus aku sadar di sekitar dahi ada semacam goresan kecil tapi gak berdarah sih. Gak sakit juga. Aku curiga itu goresan adalah kenang-kenangan dari monyet di Uluwatu. LOL. 

Pada akhirnya, we closed our first day with a good night sleep di hotel. Nyaman banget! Thanks Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road!

Next post isinya trip ke Nusa Penida.. Mungkin aku akan nulis lebih panjang dari ini. Mungkin disertai beberapa tips juga.

No comments: