Thursday, August 16, 2012

Review K-Drama Big (part 2)



Akhirnya...gue lanjutin dah ni review..

Kemarin kita sampai bagaimana KKJ beradaptasi dgn tubuh brunya YJ? Ya baiklah, gue belum sempet cerita tentang si Mari (MR), cewe yg suka ama KKJ. Well...Suzy ni yg main, cocok bgt dan pas bgt dia mainin karakter yg seperti itu. Haha. Siapa sih si MR ini sebenernya? Jadi, si MR ini punya masa lalu yg kurang bgs ama KKJ..karena seolah dialah penyebab ibu KKJ tewas. Detailnya? Nonton aja sendiri. I won't talk about that..let's just skip. Oke? Waktu si MR ini nongol di Seoul, KKJ yg wakti tu berada di dlm tubuh YJ kelimpungan bgt, karena si MR ini cewe yg agresif. Sampai akhirnya dia tau kalo KKJ dan YJ ketukar jiwanya. Itu tentang si MR sekilas aja ya..cuma buat perkenalan.

Next, masalah ending. Banyak yg berkomentar negatif tentang endingnya. Why? Mereka merasa tidak jelas dan bingung. Sebenernya, gue pertama agak krik krik jg tapi tidak butuh waktu lama untuk menelaah ending tersebut. Begini pendapat gue...

Yg bikin bingung sebenernya apa sih? Si cowo di bawah payung? KKJ or YJ? Let's discuss ya... Orang2 sebenernya pada kepengaruh ama perawakan si cowo itu. Kalau kita lihat endingnya, si KKJ ama YJ kan ke Jerman tuh, dan tubuh mrk emang udh kembali ke habitat (?) nya masing2. Tapi beberapa menit kemudian penonton dibikin bingung ama si cowo yg turun dari bis trus menghampiri DR. Inget ga, waktu dulu pertama kali DR ketemu KKJ? Ya begitu kan? Nah I assume, dan dugaan ini kuat, kalau cowo itu adalah cowo yg sama, yaitu, KKJ, bukan YJ. Masalahnya, bodi si cowo itu gede, gue rasa emang itu bodinya Gong Yoo sih, si YJ. Nah maka dari itu orang2 jd punya pikiran bercabang lagi. Yg awalnya 'ooooh udah balik to tubuhnya?' lalu jadi 'lho? kok itu kayak YJ? Bodinya segede itu?'

Hahaha. Ini pendapat gue lagi lho.. ada dua kemungkina  disini.
Pertama, si KKJ udah tumbuh, walaupun cuma setahun tapi siapa tau pertumbuhannya cepet, trus dia jadi segede itu..fitnes, olahraga, or apalah gitu. Kedua, mungkin aja si pemeran KKJ, si Won Ho, waktu itu nggak bisa dateng syuting, makanya diganttin gitu. Wkwkwkwk. Baiklah, dugaan gue yg kedua ini agak nggak mutu. Hehe. Kalau gitu mari kita bahas dari segi scripwriting nya aja ya. Tau sendiri Hong Sisters itu kreatif binti complicated. Kalau menurut gue kenapa mereka memutuskan nggak nongolin tampang si cowo di endingnya, dan malah nongolin adegan serupa yg telah terjadi sebelumnya, karena mereka ingin menunjukkan, ini lho..si KKJ menepati janjinya ke DR. Dan menurut gue it's not more than just a creativeness. Coba kalian tonton adegan itu, pasti dapet feel nya deh. Dan menurut gue, itu nggak masalah kok mukanya ga keliatan, malah bagus deh, in my opinion. Mereka menunjukkan segi estetika dalam penulisan naskah dan mengeksekusinya dgn baik.

Permasalahnnya disni adalah, kadang kita sebagai viewer menuntut ending yg sesuai harapan kita. Padahal ga selalu harus begitu kan. Kita nggak harus menuntut ending yg indah ataupun jelas, ending menggantung (open ending) jg ada dan malahan makin bagus. Tapi, untuk beberapa orang, open ending malah tidak disukai, dan menurut gue, orang2 seperti itu adalah orang2 yg maunya enak melulu. Come on! You can't ask for happy endings all the time! Dan jadi penonton hendaknya kritis, jgn nonton trus udah terima jadi aja gt, nah giliran endingnya open, eh jadi bingung. Udah kebiasaan sih menerima close ending yg kadang predictable! I love this drama because of his complicated sub-stories.

Tentang alasan YJ blm sreg menikahi DR udh gue sampein kan di part 1 nya? Sekali lagi, itu hanya dugaan gue. Basically, this story njelimet, tapi bagus. Yg paling gue inget waktu adegan DR buang segala pemberian KKJ dan juga sebaliknya, tetapi giliran KKJ mau buang segala sesuatu yg dikasih DR, dia tidak bisa menemukan apa2 untuk dibuang. Kalau gue jadi DR, gue jg akan berpikir, "dia telah memberiku banyak hal, tapi apa yg telah aku berikan dan lakukan untuknya?" nothing. Uuuh itu jleb bgt. Dan tau gimana? Setelah KKJ keluar rumah, DR mengambil plastik sampah yg  msh kosong yg awalnya mau dipake KKJ untuk membuang barang2 yg dikasih DR. DR meniup plastik itu trus membisikkan "i love you" ke dalamnya, lalu mengikatnya, dan kemudian dibuang di sampah.See? Ini simbolis bgt, tapi meaningful abis. My fave part. Sekali lagi, Hong Sisters emang kreatif.

So..yg belum nonton, mungkin tunggu aja kali di indosiar, atau minta gue jg nggak apa2. I can't tell much, silakan ditonton sendiri dan berkomentarlah sesuai apa yg kalian tangkap dan iterpretasi.  Enjoy it!

No comments: