Thursday, January 21, 2010

HIGH SCHOOL MUSICAL : A REFLECTION OF FRIENDSHIP

well, aku nulis lg ga papa ya? ga bs bobo sih..
bkn nulis sih, soalnya ini artikel (halah) udh aku bikin sejak lama. udh aku psting di fb, tapi ya mgkn ada yg belom baca... ya kan.. ya aku posting lg disini... lumayan buat menuh2 in blog... ^^

Setiap orang pasti punya alasan kenapa ia menyukai atau bahkan sangat menuyukai sebuh film. Begitu pula dengan aku. We are now talking about High School Musical, one of my favorite movies, (let’s say “HSM”). Mungkin ada yang masih merasa asing dan bingung sebenarnya apa dan bagaimana sih HSM itu. HSM itu sebuah film musikal yg disutradarai oleh Kenny Ortega (juga ga tau siapa itu Kenny Ortega? Duh...parah... Kenny itu salah satu koreografer terkenal, baru-baru ini, dia menyutradarai concert movie “This Is It” untuk memorial Michael Jackson. Ok, kembali ke HSM. Tokoh utama 6 orang : Troy, Gabriella, Ryan, Sharpay, Chad, dan Taylor. Film ini dikategorikan film drama musikal yang mengambil setting dan background anak-anak SMA. Sangat booming dan tentu saja membuat aktor aktrisnya terkenal dan menjadi idola. Itu hanya sekedar perkenalan, poin penting yang ingin aku share bukanlah tentang kepopuleran atau kesuksesannya, tapi tentang nilai-nilai apa saja yang ada di dalamnya.
Biasanya orang-orang lebih tertarik dengan film action karena lebih asik ditonton. Emang aku akui, HSM lebih difavoritkan oleh cewek-cewek, alasan yang umum adalah karena : lagu-lagunya bagus, dan faktor aktor utamanya. Tapi jangan hanya menilai dari segi itu saja. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Secara teknis, lagu-lagunya memang bagus, koreografi juga oke, dan dibuat oleh rumah produksi yang memang selalu berhasil mencetak film-film bagus dan favorit. -Walt Disney Pictures. Yang aku suka dalam film ini (selain faktor teknis tadi) adalah : dalam film ini aku bisa melihat begitu besarnya nilai sebuah persahabatan dan kebersamaan. Dan memang itulah inti yang ingin ditonjolkan.
Bisa dilihat dari setiap film nya. HSM 1 “We’re All in This Together”. HSM 2 “All For One” HSM 3 “Just Wanna Be With You”. Yang paling berkesan buatku adalah ketika lagu “Just Wanna Be With You” (concert version). Ada tiga poin :
*Gabriella yang udah pergi ke Stanford rela balik lagi ke Alburqueque hanya untuk bertemu dengan teman-temannya.
*Aku juga bisa melihat bagaimana teman-teman Gabriella begitu menyayanginya..kalian bisa liat gimana teman-teman Gabriella menyambutnya. Selama Gabriella nggak ada, mereka merasakan kehilangan yang amat sangat. (Silakan nonton HSM3 untuk keterangan lebih lanjut)
*Yang paling membuat terharu adalah ketika melihat kebersamaan itu terasa begitu kuat. I just wanna be with you. Ada lirik “Through every up, through every down, You know I’ll always be around. Through anything you can count on me.”
“Di setiap kebahagiaan, di setiap kesedihan, kau tahu aku akan selalu disini. Dan juga, dalam hal apapun kau dapat mengandalkan aku.”
Yeah, that’s what friends are for.
Memang, di film ini juga ada kisah percintaan, bahkan persaingan. Tapi, menurutku, itu hanya unsur-unsur tambahan untuk membuat alur cerita lebih menarik. Walaupun backgroundnya SMA, bukan berarti ini hanya untuk anak-anak SMA, tidak. Hanya anak-anak SMA saja yang memiliki kebersamaan dan persahabatan sedalam itu, tidak. Ini untuk semua pihak, mahasiswa, anak-anak SMP, ato anak-anak SD n TK kalau perlu..hehe, begitu pula untuk orang dewasa.
HSM 3 adalah sekuel yang paling dalam maknanya, karena diceritakan kalau mereka akan lulus dan berpisah untuk menjalani kehidupan barunya masing-masing.
Penting untuk diingat, perpisahan dengan teman itu sangat menyakitkan. I really hate separation. Membuat kita sedih dan rindu. Jangan biarkan itu terjadi, karena itu sangat sangat sangat merugikan yang meninggalkan dan juga yang ditinggalkan. Kadang muncul rasa tidak rela, iya, itu hal alami dan wajar, karena kamu merasa kehilangan figur atau sosok yang selama ini menghiasi hari-harimu, iya kan?
Reflection of this movie : Kita bisa melihat kebersamaan yang rasanya ingin kita miliki dengan teman-teman kita. I believe, semua yang udah pernah nonton, atau bahkan freak banget dengan film ini, pasti bisa merasakannya, cermati dan rasakan baik-baik atmosfer friendshipnya. Memang, setiap friendship pasti ada cobaannya, tapi justru itu yg membuat persahabatan semakin kuat. Lebih seringnya memang masalah ego masing-masing, itu karena kita tidak sadar kalau dalam persahabatan itu ada pengorbanan dan ada yang harus mau mengalah.
HSM 1 : Troy yang idola dan kapten basket, sebenarnya punya bakat nyanyi, dia suka drama, tetapi teman-teman timnya tidak suka akan hal itu. Mereka berpikir, masa’ idola basket melakukan hal-hal konyol macam menari dan menyanyi. Begitu pula Gabriella, yang super pintar dan tergabung dalam tim sains. Teman-temannya yang notabene “anak lab” tidak suka sama anak basket. Mereka tidak suka Gabriella terlalu dekat dengan Troy. Sebagai teman yang baik, tidak seharusnya seperti itu kan? Itulah keegoisan.
HSM 2 : Kali ini Troy yang egois. Karena diberi kesempatan untuk bermain bersama tim sekeren “Redhawk”, dia lupa akan teman-temannya. Dia terlena dengan apa yang sedang ia dapatkan. Bahkan ia dengan sangat halus menolak permintaan teman-temannya untuk mengenalkan mereka pada tim “Redhawk”. Egois kan?
HSM 3 : Ga ada. Makanya aku bilang, ini sekuel paling memorable. Semuanya berisi tentang friendship, future, and farewell.
Intinya, jangan biarkan teman-teman dan sahabatmu jauh darimu. Karena mereka juga memberikan kehangatan dan kasih sayang seperti layaknya keluarga. Hargailah mereka, karena, mencari teman itu lebih sulit daripada mencari musuh. Apalagi sahabat dekat, kalau kamu jauh darinya, kamu pasti akan merasakan rindu yang teramat sangat. Believe me. Dan always remember this : FRIENDSHIP WILL NEVER END (kok kayak lirik lagunya Spice Girls ya? Hehe)
“WE’RE ALL IN THIS TOGETHER”
Sebagai penutup, aku nyanyi ya.....
Ehm ehm...test..test...
(yang tau lagunya, bacanya dinyanyiin ya..... ^^)
“...All I wanna do is be with you, be with you. There’s nothing we can’t do, just wanna be with you, only you. No matter where life takes us, nothing can break us apart, you know it’s true, I just wanna be with you...”
Padahal lagu favoritku bukan yang itu... hehe.. Tapi, I love the lyric... so meaningful.
P.S Yang pengen mp3 nya, aku punya lengkap, kalo mau minta boleh. Lho?kok mlh promosi.. :-)


ya bgitulah...
hehe. fiuhhh...kelar jg kerjaan ku...daritadi sibuk customize blog sambil nonton bkn 4 mata...(maklum, bintang tamunya farah quinn ^^)
oke sekian.. si Nick kayaknya low batt nih... kasian..
udah ah

No comments: